Pertanyaan seputar minyak kelapa dan minyak sawit, Mana yang paling baik (part 2)

Pertanyaan seputar minyak kelapa dan minyak sawit, Mana yang paling baik (part 2)



Aku masih penasaran mana yang baik antara minyak kelapa dan minyak sawit dan aku pun kembali surfing untuk mencari informasi yang lebih banyak. Dengan mesin pencari Google aku mencari informasi, kali ini aku khususkan pada minyak kelapa.


Di salah salah satu web luar negeri yang penulisnya seorang Doktor aku mendapat informasi tentang minyak kelapa. Dan apa yang aku baca membuatku terkejut. Di web itu menjelaskan suatu penelitian pada tahun 1981 di wilayah Polynesia yang sumber energi primer dari minyak kelapa menemukan bahwa keadaan kesehatan kardiovaskular penduduk di daerah itu sangat baik. Hasil itu menunjukan bahwa menggunakan minyak kelapa tidak membahayakan kesehatan. Fakta ini sama dengan apa yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, jika asam lemak jenuh dikomsusmsi sewajarnya tidak akan membahayakan kesehatan.


Dan menurut tulisan itu bahwa lemak jenuh alami dalam minyak kelapa sebenarnya baik untuk kita dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mendalam, seperti:

• Meningkatkan kesehatan jantung.

• Meningkatkan tiroid.

• Meningkatkan metabolisme.

• Dapat menurunkan berat badan.

• Mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.


Dan didalam 50 % lemak yang ada dalam minyak kelapa ditemukan asam yang disebut dengan asam laurat. Asam laurat ini didalam tubuh akan diubah menjadi monolarium yang memiliki anti-virus, anti-bakteri dan anti-protozoa. Dan zat ini tidak ditemukan pada minyak kelapa sawit.


Didalam minyak kelapa juga merupan sumber terkaya asam lemak rantai sedang g (MCFAs), juga disebut media-trigliserida rantai atau MCT. MCT ini mudah dicerna dan langsung dibakar oleh hati untuk energi - seperti karbohidrat, tapi tanpa lonjakan insulin. MCT sebenarnya meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh menggunakan lemak untuk energi, sebagai lawan menyimpannya, sehingga benar-benar dapat membantu kita menjadi lebih ramping.


Dari informasi yang aku dapatkan dari berbagai sumber itu menyebutkan dalam industri minyak goreng minyak kelapa lah yang paling baik. Dari fakta-fakta diatas aku menyimpulkan bahwa minyak kelapa adalah lebih baik dari minyak sawit.



Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Pertanyaan Seputar Minyak Kelapa dan Minyak Sawit
Artikel / Manfaat dan Cara menggunakan Minyak Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan
Artikel / Cara Memilih Minyak Goreng Sehat dan Berkualitas