Siapa yang suka olahan terong? Terong termasuk salah satu sayur yang lezat, kaya gizi dan mudah diolah menjadi beragam hidangan yang menggugah selera. Menu olahan terong yang paling digemari adalah terong goreng, karena selain mudah membuatnya juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya, misalnya sambal pecel, sambal bajak, dan lain sebagainya.

Sayangnya saat menikmati terong goreng, kita seringkali terganggu dengan minyak yang menempel pada daging terong. Bisa dibayangkan, berapa banyak kandungan lemak yang ikut tertelan saat menikmati terong goreng. Eits, kondisi tersebut bukanlah alasan bagi Anda untuk menghindari mengonsumsi terong, karena seperti yang kita tahu, terong kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Nah, agar terong goreng tidak terlalu banyak minyak, simak trik menggoreng terong yang nikmat dan tidak berminyak berikut ini:


Tips Agar Terong tidak Berminyak Saat digoreng

Pilih Terong yang Baik dan Segar

Usahakan memilih terong yang baik dan segar, karena selain nutrisinya masih terjaga juga membuat terung goreng tidak menyerap minyak berlebihan.


Gulingkan pada Tepung Beras atau Kanji

Tepung berfungsi menyerap air dan minyak. Jadi menggulingkan terung ke dalam tepung sebelum digoreng dapat membuat terong lebih gurih dan crispy. Anda bisa menggunakan tepung berbumbu atau cukup dengan menambahkan garam secukupnya.


Tips Agar Terong tidak Berminyak Saat digoreng

Rendam air garam

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar terung goreng tidak mengandung minyak berlebih adalah dengan merendamnya ke dalam larutan garam. Caranya sangat mudah, yakni potong-potong terong sesuai selera, lalu rendam kedalam air garam selama 10-20 menit, kemudian Anda bisa bilas dengan air bersih dan goreng hingga matang.


Gunakan minyak yang baru

Agar rasa terong lebih enak dan tidak terlalu berminyak, pastikan Anda menggoreng terong dengan minyak yang baru dan bukan minyak bekas.


Tips Agar Terong tidak Berminyak Saat digoreng

Masukkan ketika minyak panas

Untuk mencegah minyak terserap kedalam terong, pastikan jangan masukkan terung sebelum minyak goreng panas.


Rebus Terong Terlebih Dahulu

Agar terong goreng empuk maksimal dan tidak terlalu banyak menyerap air, Anda bisa merebus atau mengukus terong terlebih dahulu sebelum digoreng. Cara ini bisa membuat terong goreng lebih cepat matang dan ia pun akan jauh dari masalah terong berminyak.


Demikian sedikit tips dari kami, semoga informasi tentang Tips Agar Terong Tidak Berminyak Saat Digoreng diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.



Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Cara Membuat Gorengan Renyah
Artikel / Tips Agar Minyak Goreng Tidak Cepat Menghitam