Bahan untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah keruh sangat banyak dan beragam. Tetapi kali ini caratani ingin meng-informasikan nya 4 saja, yang sudah terbukti ampuh dan sudah di ujicoba oleh tim ahli pertanian. Apa saja bahan tersebut yang terbukti ampuh menjernihkan minyak goreng yang sudah keruh, ayo simak bersama.

4 Bahan yang Dapat Menjernihkan Minyak Goreng yang Sudah Keruh

1. Arang

Bahan ini terbukti mampu menjernihkan minyak goreng yang sudah keruh, bahkan minyak goreng yang sudah berwarna kehitaman pun mampu jernih kembali seperti minyak goreng baru jika menggunakan bahan yang satu ini.

Cara menjernihkan nya, masukkan minyak goreng yang sudah keruh tadi ke dalam wadah, bisa ember atau jerigen yang anda punya. Setelah itu masukkan arang yang sudah di cuci bersih sebelumnya ke dalam wadah yang berisi minyak goreng tadi, diamkan hingga semalam suntuk. Keesokan paginya, kotoran akan mengendap di permukaan bawah jerigen, segera tuang minyak goreng yang sudah jernih ke dalam wadah yang lain. so.. minyak goreng yang sudah kembali jernih bisa di pergunakan kembali.


4 Bahan yang Dapat Menjernihkan Minyak Goreng yang Sudah Keruh

2. Karbon

Bahan ini biasanya berwarna hitam pekat, selain mampu menjernihkan air, karbon juga mampu menjernihkan minyak goreng yang sudah keruh atau kotor. karbon mampu menyerap semua kotoran yang terkandung dalam minyak goreng.

Cara menjernihkan nya sangat mudah, sama dengan cara di atas. Masukkan minyak goreng yang sudah kotor ke dalam sebuah wadah, kemudian masukkan karbon (gumpalan) yang sudah di cuci sebelumnya ke dalam wadah berisi minyak goreng tersebut selama kurang lebih 12 jam. Kotoran akan menempel di sekitar karbon, dan minyak goreng yang sebelumnya keruh dan kotor bisa jernih dan bersih kembali.


4 Bahan yang Dapat Menjernihkan Minyak Goreng yang Sudah Keruh

3. Kentang

Bahan makanan ini berguna untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah kotor, bahan ini sudah kami uji coba sendiri dan hasilnya memang benar. Kentang memiliki serat dan pori-pori pada permukaannya sehingga dapat menarik kotoran di dalam minyak oleh sifat alami kentang.

Caranya, setelah anda menggunakan minyak goreng untuk memasak dan minyak itu sudah keruh dan kotor, segera panaskan kembali minyak goreng tersebut, kemudian masukkan bulatan kentang secukupnya sesuai dengan jumlah minyak yang akan di bersihkan.


4 Bahan yang Dapat Menjernihkan Minyak Goreng yang Sudah Keruh

4. Nasi

Selain sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh, ternyata nasi bisa juga sebagai pembersih minyak yang sudah keruh dan kotor. sifat alami nasi yang sudah di masak ternyata mampu menyerap kotoran dengan sendirinya pada minyak goreng.

Caranya sama dengan cara di atas, panaskan minyak kemudian gorenglah kurang lebih satu centong nasi yang sudah di padatkan hingga nasi berubah warna. Setelah minyak terlihat jernih dan bersih segera angkat dan dingin kan minyak goreng.


Demikian lah bahan-bahan yang mampu menjernihkan minyak goreng yang sudah kotor atau keruh. semoga bermanfaat bagi ibu-ibu sekalian. budayakan hemat, karena bahwasanya “Hemat itu pangkal kaya”.


Artikel Pilihan Lainnya

Tips / Cara memasak dengan minyak goreng
Artikel / Tips Minyak Tidak Cepat Keruh / Bawang Berlian
Artikel/ Tips Menggoreng Makanan / Tips Menggoreng Makanan yang Sehat