Menumis mungkin adalan cara memasak yang paling banyak digemari, selain karena praktis kita juga bisa mengkreasikan berbagai jenis bahan masakan untuk ditumis. Meskipun bumbunya tidak jauh berbeda, tapi hasil masakan bisa beragam rasa dan jenisnya. Yang gurih hanya memakai bawang putih seperti Cha, atau mau yang manis seperti ketika menumis tempe.

Rahasia tumisan terletak pada penggorengan yang dipakai. Penggorengan yang tebal dan basar akan membuat panas lebih merata sehingga tumisan yang dihasilkan bisa matang sempurna. Selain penggorengan, yang harus diperhatikan lagi yaitu minyak goreng yang digunakan untuk menumis, jika Anda menggunakan minyak goreng bekas bisa saja Anda akan terserang batuk karena minyak goreng yang kurang sehat. Maka dari itu gunakan minyak goreng Bawang Berlian untuk menggoreng dan menumis masakan Anda. Bawang berlian juga ada tips yang bisa dilakukan untuk menghasilkan tumisan yang lezat. Baca dulu yuk tipsnya berikut ini.


Tips Memasak dengan Menumis
  • Mempersiapkan semua bahan terlebih dahulu sebelum mulai memasak. Baik itu bumbu, daging atau sayuran harus dipotong sebelum menyalakan api. Karena ketika api sudah dinyalakan, tidak ada waktu waktu untuk memotong atau mengukur bahan.
  • Potong sayuran dalam ukuran yang sama, hal ini ditujukan agar penampilan tumisan lebih menarik ketika disajikan.
  • Jika ada bahan saos misal campuran kecap asin, minyak wijen atau kecap manis, sebaiknya campur saos-saos tersebut dalam satu wadah, lalu aduk sebelum menuangkannya.

Tips Memasak dengan Menumis
  • Masukkan bumbu / bahan masakan ketika Minyak Goreng Baik telah benar-benar panas.
  • Aduk bahan selama proses menumis agar panas merata.
  • Jika Anda menggunakan penggorengan anti lengket, pastikan menggunakan spatula/sendok yang sama agar ketika mengaduk bahan masakan tidak menggores permukaan penggorengan.
  • Jika ingin menghasilkan tumisan setengah matang, gunakan api besar dan tumis dalam waktu yang singkat, tetapi jika Anda menginginkan tumisan yg matang misal ayam/tempe, masak dengan api kecil dan waktu yg agak lama agar bumbu meresap.

Selamat memasak dan menyajikan yang terbaik untuk keluarga..:)


Sumber : http://minyakgorengsunco.com/tips-menumis.html



Artikel Pilihan Lainnya

Tips / Cara memasak dengan minyak goreng
Tips / Memasak Praktis / Minyak Goreng
Artikel / Cara sehat / Memasak telur
Tips Sehat / Makan Gorengan