Seorang wanita memang dituntut untuk bisa memasak karena perannya nanti sebagai istri dan ibu dalam keluarga. Semakin berkembangnya jaman, tingginya mobilitas, dan meningkatnya gaya hidup masa kini, banyak perempuan yang mulai tidak mempedulikan pentingnya belajar memasak. Dan akhirnya ketika sudah menikah, mereka harus belajar dari awal untuk bisa jago menyediakan masakan yang enak untuk suaminya.


Berbicara tentang masak-memasak, entah itu pemula atau yang sudah ahli memasak, pasti pernah melakukan kesalahan saat memasak. Entah itu terlalu banyak menambahkan banyak bumbu, gosong, terlalu lembek, atau yang lain sebagainya, kesalahan umum tersebut sudah pasti sering kita alami saat mengolah makanan. Kalau kesalahan itu sudah terlanjur terjadi, maka hasil masakan pun jadi tidak senikmat yang diharapkan. Jangan khawatir, Anda bisa memperbaikinya dengan cara yang mudah. Yuk simak kesalahan dan solusinya berikut:


Kesalahan dan Solusi yang Sering Dilakukan Saat Memasak

Terlalu Banyak Garam

Kesalahan ini mungkin salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan orang setiap kali memasak. Kadang kita tidak bisa menakar dengan tepat garam yang seharusnya kita tambahkan pada masakan. Hasilnya adalah masakan menjadi keasinan dan kurang enak. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon untuk menetralisir rasa asin yang berlebih. Kalau masakan berupa sup, Anda bisa tambahkan air saja agar asinnya berkurang.

Kesalahan dan Solusi yang Sering Dilakukan Saat Memasak

Minyak Terlalu Panas

Minyak yang ideal untuk memasak adalah minyak yang sudah dipanaskan dengan suhu yang pas. Tapi kita sering membiarkan minyak terlalu panas untuk memastikan bahwa minyak sudah betul-betul panas. Tahukah Anda jika minyak yang terlalu panas hingga berasap bisa merusak minyak goreng tersebut? Panas yang berlebih bisa memecah kandungan antioksidan pada minyak goreng. Selain itu, rasa masakan jadi berubah dan kurang enak. Untuk mengatasinya, matikan kompor biarkan sebentar lalu hidupkan kembali dan lanjutkan untuk menggoreng masakan Anda.

Kesalahan dan Solusi yang Sering Dilakukan Saat Memasak

Menggoreng Saat Minyak Belum Panas

Kadang kita tidak sabar memasukkan bahan untuk digoreng, padahal minyak belum terlalu panas. Hasilnya adalah daging atau ikan menjadi menyerap minyak dan masih basah (padahal harusnya digoreng kering). Untuk mengatasinya, Anda harus mengangkat semua gorengan, lalu kembali panaskan minyak. Setelah minyak benar-benar panas, goreng ulang hingga gorengan benar-benar kering dan tidak berminyak.

Kesalahan dan Solusi yang Sering Dilakukan Saat Memasak

Menanak Nasi Kebanyakan Air

Walau sudah sering menanak nasi, bukan berarti selalu berhasil. Saat Anda menambahkan terlalu banyak air, nasi menjadi lembek dan kurang enak dimakan. Solusinya adalah Anda bisa membuatnya menjadi seperti bubur atau Anda bisa menaruhnya di dalam loyang, masukkan ke dalam lemari es. Esoknya, Anda bisa memotong-motongnya seperti kue beras, lalu jadikan sebagai pengganti lontong.

Kesalahan dan Solusi yang Sering Dilakukan Saat Memasak

Terlalu Sering Membolak-Balikkan Makanan

Ketika menggoreng, kebiasaan yang sering kita lakukan adalah terlalu sering membolak-balikkan makanan. Padahal makanan yang digoreng bisa jadi lebih renyah dan matang jika dibiarkan menguning tanpa perlu dicek terlalu sering kadar kematangannya. Membolak-balikkan masakan seperti ini justru akan menghambat masakan jadi cepat matang. Jika gorengan kamu sudah terlihat mengambang dalam rendaman minyak, maka itu tandanya gorengan sudah bisa dibalik.

Sumber:

https://blog.tokopedia.com

http://www.makeslifetastier.com

http://www.masakapaya.com



Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Kebiasaan Makan yang Buruk Saat Ramadan
Tips / Cara memasak dengan minyak goreng