Siapa yang tidak kenal dengan telur, makanan yang berasal dari unggas ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan asupan gizi harian Anda. Tak dipungkiri dalam telur juga terdapat kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Meski begitu menurut literatur yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 mengungkap makan telur tidak terkait meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular.

Konsumsi telur secara rutin dapat membantu menjaga asupan nutrisi harian anda, selain iitu telur juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan membantu membentuk massa otot. Cobalah untuk mengolah telur dengan cara yang lebih sehat agar kandungan gizinya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh lemak atau kolesterol berlebih.

Untuk memaksimalkan manfaat telur, metode memasak perlu diperhatikan. Nah, berikut cara yang sehat dalam mengolah telur.


Cara Sehat Memasak Telur

1. Merebus

Merebus telur tidak akan menambahkan lemak ke dalamnya. Sehingga dalam satu telur rebus, terdapat kandungan 5,3 gram lemak, 6 gram protein, 186 mg kolesterol, dan 78 kalori.

Mengkonsumsi telur dengan cara merebus terlebih dahulu sangat baik untuk tubuh. Telur rebus efektif untuk membantu menurunkan berat badan, hal ini disebabkan karena telur rebus mampu membakar kalori dan lemak tubuh.


Cara Sehat Memasak Telur

2. Menggoreng

Menggoreng telur dengan menambahkan minyak, butter, atau margarin bisa menambah lemak dan kalori. Sehingga lebih baik menggorengnya dilakukan menggunakan minyak semprot di atas wajan anti lengket. Dengan cara ini tidak menambahkan jumlah lemak dan kalori dalam telur goreng.

Cara Sehat Memasak Telur

3. Dadar atau Omelette

Omlet telur dengan roti adalah menu lezat dan menyehatkan untuk sarapan. Mengkonsumsi telur model ini merupakan favorit banyak orang. Dengan menambahkan keju rendah lemak dan lada bubuk pada omlet roti dan telur dengan roti gandum panggang mampu membangkitkan selera dan memberikan cita rasa tersendiri.

Cara Sehat Memasak Telur

4. Orak-arik

Cara memasak telur model ini merupakan cara ternikmat untuk memasak telur supaya tubuh tetap sehat. Orak-arik telur mempunyai kandungan protein dan mineral, vitamin B, seperti zinc, vitamin E, dan sebagainya. Guna mempertahankan protein dan nutrisi telur, dapat memasak telur menggunakan minyak nabati sebagai pengganti minyak goreng ataupun mentega.

Cara Sehat Memasak Telur

5. Merebus tanpa Cangkang

Merebus telur tanpa cangkang (poach egg) sering kita lakukan saat mengolah mi. Jadi setelah air panas, pecahkan cangkang telur lalu masukkan ke dalam air panas. Cukup dimasak beberapa menit, lalu angkat dan tiriskan. Memasak telur menggunakan metode ini bisa memiliki nutrisi yang mirip dengan telur rebus.

Sumber: 

http://health.liputan6.com

http://kabarimbo.com

http://food.diwarta.com



Artikel Pilihan Lainnya

Tips / Cara memasak dengan minyak goreng
Artikel / Tips Cara Memasak Makanan 
Artikel / Tips menumis / Tips Memasak dengan Menumis