Bagi Anda yang tidak sering berbelanja, pasti Anda akan memilih untuk berbelanja bulanan dan menyetok bahan – bahan dalam porsi yang besar. Salah satu bahan yang biasanya dibeli dalam jumlah besar adalah beras. Nah, beras yang disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama apabila kurang diperhatikan kebersihannya bisa ditumbuhi jamur dan juga kutu.

Yang perlu Anda tahu, jamur dan kutu yang bersarang dalam beras akan berpengaruh pada kualitas beras yang akan dikonsumsi. Beras yang sudah berkutu dan berjamur tidak lagi memiliki rasa yang pulen setelah dimasak, dan cenderung bau. Agar tidak sampai mengalami hal ini, Anda disarankan mancoba tips mudah berikut ini.

Anda bisa memanfaatkan daun jeruk purut. Daun yang memiliki wangi khas ini sangat efektif dalam mengusir kutu beras. Caranya, tumbuk daun jeruk purut ± 50 gram. Setelah itu, masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma dari daun jeruk purut ini akan membuat kutu tidak betah berlama – lama di dalamnya. Dan kelebihannya, beras akan mengeluarkan aroma harum saat dimasak.

Nah, mudah kan? Yuk, jaga kualitas dan mutu beras yang Anda beli agar selalu terjaga. Nasi yang dimasak pun akan terasa lezat dan nikmat. Dan jangan lupa untuk membersihkan tempat penyimpanan beras secara teratur.


Sumber : https://www.vemale.com


Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Manfaat dan Cara menggunakan Minyak Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan
Artikel / Cara Membuat Gorengan Renyah
Artikel / Resep Membuat Sate Udang Goreng / Sate Udang Goreng