Menggoreng adalah salah satu teknik memasak yang disukai karena menghasilkan makanan yang renyah, dan nikmat saat dikonsumsi. Pada dasarnya, menggoreng adalah teknik memasak menggunakan minyak atau lemak jenis lain. Namun dalam menggoreng ternyata terdapat beberapa jenis teknik yang dapat digunakan untuk menggoreng makanan sesuai dengan kegunaan dan jenis bahan makanannya.

Nah, berikut kami bagikan informasi mengenai beberapa macam teknik menggoreng yang perlu Anda ketahui:

Macam-Macam Teknik Menggoreng yang Perlu Anda Ketahui

1. Sauteing atau tumis

Para ibu rumah tangga tentu sudah familiar dengan teknik menggoreng yang satu ini. Tumis adalah teknik menggoreng menggunakan sedikit minyak pada temperatur tinggi. Umumnya teknik ini digunakan untuk makanan dengan ukuran kecil (potongan kecil), seperti potongan sayur, daging, atau ikan.

Macam-Macam Teknik Menggoreng yang Perlu Anda Ketahui

2. Stir-frying

Jenis teknik ini mirip dengan sautéing karena menggunakan temperatur tinggi, namun penggunaan minyaknya lebih banyak. Umumnya teknik ini digunakan untuk memasak Chinese Food yaitu menggunakan wajan wok. Pada teknik ini, panas untuk mematangkan masakan sebagian besar ditransfer dari cairan dalam masakan.

Macam-Macam Teknik Menggoreng yang Perlu Anda Ketahui

3. Pan frying

Untuk teknik memasak ini, hanya diperlukan sedikit minyak untuk melumasi wajan. Namun bahan masakan yang digunakan cukup besar sehingga perlu dibalik beberapa kali agar matang merata. Contoh masakan yang menggunakan teknik ini yaitu pancake, daging, dan omelet.

Macam-Macam Teknik Menggoreng yang Perlu Anda Ketahui

4. Shallow frying

Teknik ini umumnya menggunakan minyak hingga 1/3 atau setengah bahan makanan, seperti daging, ikan, perkedel, dan beberapa jenis makanan lain. Seringkali jenis makanan ini dilapisi dengan tepung atau marinasi. Untuk hasil matang merata, bahan makanan perlu dibalik beberapa kali.

Macam-Macam Teknik Menggoreng yang Perlu Anda Ketahui

5. Deep frying

Jenis teknik menggoreng dengan penggunaan minyak paling banyak, hingga bahan makanan terendam sempurna ke dalam minyak panas. Proses penggorengan dapat dilakukan menggunakan wajan biasa, atau deep fryer yang memiliki keranjang peniris dan pengatur suhu. Bahan masakan yang menggunakan teknik ini umumnya dilapisi dengan tepung atau adonan tepung, untuk melindungi dan mengunci kelembaban. Beberapa contohnya yaitu fried chicken, dan French fries. Salah satu keunggulan dari teknik ini adalah bekas minyaknya dapat digunakan kembali untuk penggorengan beberapa kali.

Demikian beberapa macam teknik menggoreng yang perlu Anda ketahui. Teknik memasak memang perlu dipelajari dan diketahui untuk memudahkan proses memasak serta meningkatkan efisiensi penggunaan minyak.

Untuk memperoleh minyak berkualitas dengan harga yang bersahabat, baik untuk keperluan pribadi maupun kebutuhan industri, Bawang Berlian siap memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Minyak dari Bawang Berlian menggunakan bahan yang berkualitas sehingga dapat membuat masakan Anda lebih renyah dan lezat.



Sumber: www.bogasari.com

Selalu Pakai Minyak Goreng Kelapa Sehat dan Berkualitas

Cukup Gunakan Minyak Goreng Kelapa dari Bawang Berlian untuk Semua Masakan Anda. Dijamin masakan Anda akan jadi lebih lezat



Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / manfaat minyak kelapa / khasiat minyak kelapa
Tips dan Trik / Tips Menggoreng Ikan Lele Yang Renyah dan Tidak Amis