Ibu rumah tangga tentu sangat cermat terutama masalah dapur. Termasuk pada beberapa kesempatan, seperti lebaran atau acara keluarga. Umumnya para ibu akan membuat stock beberapa bahan makanan, salah satunya adalah minyak goreng. Namun tidak jarang para Ibu lengah sehingga minyak goreng tiba-tiba berbau tengik. Tentu hal ini sangat menyebalkan karena kualitas minyak menurun, bahkan sebelum dipakai.

Ketengikan adalah proses yang menyebabkan suatu zat menjadi tengik atau berbau busuk atau tidak enak. Secara umum penyebab perubahan atau kerusakan minyak goreng terutama nabati oleh perubahan fisik dan kimiawi. Nah, berikut Bawang Berlian bagikan beberapa ulasan terkait penyebabnya:

Ini Dia, Penyebab Minyak Goreng Berbau Tengik

Cahaya atau panas

Pemanasan atau pencahayaan dapat memicu minyak goreng lebih mudah berbau tengik. Oleh sebab itu sering kita jumpai himbauan untuk menghindarkan produk minyak goreng dari panas matahari secara langsung. Sebaliknya minyak goreng sebaiknya disimpan pada tempat yang tertutup dan terhindar dari panas langsung.

Ini Dia, Penyebab Minyak Goreng Berbau Tengik

Dibiarkan terbuka dalam waktu lama

Membiarkan minyak goreng terpapar oksigen terlalu lama juga dapat membuat minyak mudah berbau tengik. Oksigen dapat memicu oksidasi dan mengubah karakteristik dari minyak goreng, termasuk bau tengik.

Ini Dia, Penyebab Minyak Goreng Berbau Tengik

Logam

Kontak antara logam seperti tembaga, seng, dan timah dapat mempercepat proses minyak goreng menjadi tengik. Hal itu disebabkan karena secara alami logam merupakan katalis terhadap reaksi oksidasi.

Ini Dia, Penyebab Minyak Goreng Berbau Tengik

Terkena air

Minyak yang terkena air juga dapat menghasilkan bau tengik. Salah satu hal yang membuat hal ini terjadi seperti bahan makanan yang akan digoreng masih basah atau mengandung air yang terlalu banyak.

Demikian hal yang dapat menyebabkan minyak goreng berbau tengik. Dengan info tersebut Anda bisa lebih berhati-hati dalam menyimpan dan memperlakukan minyak goreng agar lebih awet dan tahan lama.

Apabila Anda mencari minyak goreng dengan kualitas baik dan harga bersaing untuk kebutuhan pribadi maupun industri, Bawang Berlian solusinya!

Tersedia minyak goreng dengan banyak manfaat kesehatan untuk menambah kelezatan masakan Anda.



Sumber: www.kompasiana.com

Selalu Pakai Minyak Goreng Kelapa Sehat dan Berkualitas

Cukup Gunakan Minyak Goreng Kelapa dari Bawang Berlian untuk Semua Masakan Anda. Dijamin masakan Anda akan jadi lebih lezat



Artikel Pilihan Lainnya

Tips / Menyimpan Minyak Goreng
Tips dan Trik / Tips Menghemat Penggunaan Minyak Goreng