Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik

Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik


Menikmati gorengan bersama minuman favorit memang asyik. Terlebih jika gorengan tersebut memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Namun, apakah Anda sadar, bahwa terkadang kita tidak terlalu memperhatikan kebersihan dan keamanan dari mana gorengan yang kita konsumsi berasal? Terlebih untuk gorengan yang tetap terasa gurih dalam waktu lama, memang perlu dicurigai karena bisa saja menggunakan plastik sebagai tambahan saat menggorengnya.

Oleh karena itu untuk memastikan Anda mengonsumsi gorengan yang sehat, berikut kami bagikan beberapa tips mengenali gorengan dengan campuran plastik:

Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik

Tekstur gorengan

Cita rasa gorengan plastik umumnya bertekstur garing dan renyah. Bunyinya pun ‘kriuk’ dan memiliki tampilan yang cantik. Ciri-ciri ini merupakan salah satu ciri awal yang dapat dikenali. Secara kimiawi, saat digoreng, plastik dan minyak tidak akan larut menjadi sebuah senyawa baru, justru hanya meleleh dan larut dalam minyak panas. Sehingga kandungan plastik akan tetap ada dan tidak hilang setelah proses penggorengan.

Muncul rasa pahit

Meskipun terasa renyah saat digigit, gorengan dengan plastik akan terasa pahit atau agak aneh. Anda perlu waspada dan peka terhadap rasa gorengan yang Anda konsumsi. Gorengan yang baik, biasanya tidak akan menghilangkan cita rasa asli dari bahan makanan yang digoreng.

Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik

Muncul bercak putih saat dingin

Tidak hanya terasa renyah, setelah dingin, akan muncul bercak putih pada gorengan tersebut. Hal ini karena plastiknya kembali muncul. Anda perlu mewaspadai tanda ini, karena umumnya tepung yang sudah dimasak tidak akan menimbulkan bercak putih, kecuali belum matang atau timbul jamur.

Minyak terasa lengket saat dipegang

Gorengan tanpa plastik akan terasa licin saat disentuh, sementara dengan plastik, gorengan akan terasa lebih lengket akibat lelehan plastik, terutama saat masih panas atau baru saja matang.

Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik

Tekstur renyah walau setelah dingin

Ciri selanjutnya untuk mengetahui minyak goreng dengan plastik adalah walaupun setelah dingin, gorengan tersebut akan tetap terasa renyah. Padahal seharusnya, gorengan akan berkurang kerenyahannya setelah dingin.

Tampak mengkilat saat ditiriskan

Saat ditiriskan, gorengan berplastik akan nampak mengkilat karena lapisan plastik yang menyelubungi. Karena seharusnya setelah tiris, minyak yang menyelimuti gorengan sudah tidak lagi memberikan efek mengkilat. Jika gorengan Anda masih cantik setelah ditiriskan, Anda perlu mewaspadainya.
Walaupun disimpan dalam waktu lama, tampilannya akan tetap menarik dan menggoda. Hal ini yang juga perlu Anda curigai.

Tips Mengenali Gorengan Menggunakan Minyak Goreng Bercampur Plastik

Cara termudah membedakan (tes pembakaran)

Untuk mengetahui gorengan mengandung plastik, tes pembakaran bisa dicoba. Jika gorengan Anda bakar mengandung plastik, maka akan terlihat lelehan plastik (seperti lelehan lilin) yang muncul saat dibakar. Api yang dihasilkan dari pembakarannya pun jauh lebih besar dengan warna yang lebih gelap. Bau pembakarannya pun tidak enak, mirip saat Anda membakar plastik.

Nah, demikian beberapa tips untuk mengenali minyak goreng bercampur plastik. Pastikan untuk berhati-hati dalam memilih gorengan yang Anda konsumsi. Untuk opsi yang lebih sehat, sebaiknya buatlah gorengan Anda sendiri. Gunakan pula minyak goreng berkualitas, seperti Minyak Goreng Bawang Berlian yang diolah secara higienis dan menjadikan gorengan yang Anda buat bisa lebih sehat.

Tersedia pula minyak goreng untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.



Sumber: www.idntimes.com

Selalu Pakai Minyak Goreng Kelapa Sehat dan Berkualitas

Cukup Gunakan Minyak Goreng Kelapa dari Bawang Berlian untuk Semua Masakan Anda. Dijamin masakan Anda akan jadi lebih lezat



Artikel Pilihan Lainnya

Artikel / Tips Agar Minyak Goreng Tidak Cepat Menghitam 
Artikel / Cara Membuat Gorengan Renyah